Sejarah Vespa
Pada tahun 1917 pabrik Piaggio Pontedera
di Pisa dan menjadi pusat produksi pesawat (baling-baling, Mesin danpesawat)
sampai setelah Perang Dunia II kelahiran produk otomotif fenomenal yaitu
Vespa. Perang Dunia II ekonomi Italia dibuat sangat merosot. Juga memaksa
Piaggio.Bahkan pabrik pesawat yang ada di Pontedera dan Pisa dibom oleh pasukan
sekutu.Meskipun pabrik ini hancur dibom, perusahaan tidak berhenti pada waktu.
Enrico Piaggio anak Rinaldo Piaggio yang akhirnya melanjutkan jalannya
perusahaan. Enrico Piaggio memutuskan untuk menghentikan produksi pesawat dan
beralih menghasilkan peralatan transportasi yang dibutuhkan oleh orang-orang di
Italia dengan harga terjangkau.
Enrico Piaggio telah mempekerjakan pembuat
pesawat, ahli insinyur CorradinoD’Ascanio untuk membuat desain dari kendaraan
bermotor. Sampai akhirnya menciptakan sebuah prototipe Vespa bernama MP5 atau
lebih dikenal oleh orang-orang Italia sebagai Paperino (Donald Duck) karena
bentuknya seperti bebek. Namun, vespa model MP% tidak disukai EnricoPiaggio
sehingga meminta Corradino D’Ascano untukmengubah desain model vespa MP5.
Corradino D’Ascanio tidak suka desain
model General Motors karena membuat pakaian kotor saat mengemudi terutama
celana yang terkena rantai motor. Oleh karena itu, ia membuat modifikasi desain
motor kendaraan yang nyaman dan tidak membuat kotor. Akhirnya, dia membuat
motor tanpa rantai dan memiliki penutup pelindung di bagian depan motor.
Selain itu, ia juga menempatkan perpindahan
gigi dibagian stang (stang) dan membuat roda depan mirip pesawat dengan satu
garpu tunggal yang mudah diganti. Desain model vespa bernama MP6 dan
CorradinoD’Ascanio dengan menyebutnya Vespa (dalam Italia berarti lebah). Ini
adalah modeldesain yang akhirnya menjadi model vespa berikutnya.
Di tahun 1945, dengan awal sebuah konsep
sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong.
Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen
bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur. Maka muncullah pertama kali
produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya
bentuk yang amat menarik. Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi
masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia.
Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit
dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun
1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi
gagasan pada waktu itu.
Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata
laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India bahkan
sangat laris bukan hanya di pasar domestik.Selain itu, India pun memproduksi
jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj
Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint
membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.
Pada saat itu banyak negara lain menjadi
pesaing dengan membuat produk serupa, di antaranya adalah Lambretta, Heinkel,
Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat
populer di era 1960-an. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon
besar orang Italia dan Sampai saat ini juga sudah puluhan varian Vespa yang ada
di Indonesia sampai - sampai Indonesia disebut-sebut sebagai surganya Vespa.
Berbagai Jenis Vespa dari tahun ke tahun yang pernah ada adalah sebagai berikut :
Berbagai Jenis Vespa dari tahun ke tahun yang pernah ada adalah sebagai berikut :
- Mp5(moto piagio 5) paperino
- Mp6 prototipe
- Vespa 98 Seri pertama 1946
- VESPA 98 SERI KEDUA 1946
- VESPA 98 SERI KETIGA 194
- VESPA 98 SERI KEEMPAT 1947
- Vespa 125 Bacchetta (V1T – V14T) 1948-1949
- Vespa 125 Bacchetta (V15T) 1950
- Vespa 125 V30T – V33T (1951-1952)
- Vespa 125 VM1T – VM2T (1953-1954)
- Vespa 125 VN1T (1955)
- Vespa Struzzo 150 VL1T (1955)
VESPA JERMAN
- Vespa Hoffmann
- Vespa Messerschmitt
- Vespa GmbH Augsburg
VESPA PRANCIS
- Vespa 50 dengan Pedal
- Vespa ACMA
- Vespa 150 TAP
VESPA INGGRIS
- Model Rod 1951-1955
- Model G 1953-1954
- GL2 1954-55
- 42L2 1955-1956
- 92L2 1956-1959.
- 102L2 1957
- 152L2 1959-1960
- Sportique 1961-1965
- 232L2 1962
VESPA AMERIKA
- Vespa 100 Sport
- Vespa 50
- Vespa Allstate
- Vespa Sear
Sejarah Masuknya Vespa
ke Indonesia
Apakah Anda tahu Vespa di Indonesia sejak tahun 1960-an.
Dulu hanya PT Danmotors Indonesia Vespa sebagai importir Vespa. Dapat
dikatakan bahwa harga Vespa waktu itu setara dengan harga sebuah rumah
tipe sederhana. Sejak itu Vespa menjadi kendaraan yang paling populer
dari kendaraan bermotor oleh masyarakat. Namun, masukknya motor produksi Jepang
seperti Honda akhirnya membuat Vespa terpinggirkan.
Salah
satu Vespa paling langka di Indonesia yaitu Kongo Vespa Vespa adalah hadiah
dari pasukan Inggris untuk pasukan perdamaian Garuda INDONESIA yang bertugas di
Kongo. Perbedaan di Kongo ini dengan Vespa Vespa adalah pelat baja lebih kuat.
Halini tidak buatan Italy Kongo Vespa tapi buatan Jerman.
Pada awal penciptaan Vespa
memiliki kapasitas mesin 98 cc dan kecepatan hanyasekitar 65-75 km/h. Seiring
waktu, terus berkembang hingga Vespa 1955 dihasilkanVespa pertama berkapasitas
150 cc mesin dan memiliki kecepatan untuk 100/km adalah Vespa 150 GS.
Model
Vespa tidak berubah banyak sejak ia diciptakan pertama, hanya pada tata
lampunya adalah satu-satunya yang berubah yang awalnya terletak di spakbor
rodadepan menjadi di stang Vespa. Vespa model yang merupakan pilihan paling
populer adalah Vespa Sprint, Vespa PX dan VEspa Primavera. Pada tahun 1984,
Piaggio Vespaproduk dikeluarkan Matic pertama (transmisi otomatis) yang disebut
Vespa PK 50S otomatis.
Vespa
4 tak yang pertama dibuat adalah Vespa ET 125cc di 1996 bertepatan dengan ulang
tahun Vespa ke-50. Memasuki Milenium, Piaggio Vespa produk yang memenuhi
standar emisi 0545848Vespa ET, Vespa GT, GTS, Vespa Vespa PX 125, Vespa LX 150,
Vespa Sprint 125 danVespa Primavera.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar