Rabu, 18 Mei 2016

Vespa

Sejarah Vespa

Pada tahun 1917 pabrik  Piaggio Pontedera di Pisa dan menjadi pusat produksi pesawat (baling-baling, Mesin danpesawat) sampai setelah Perang Dunia II kelahiran produk otomotif fenomenal yaitu Vespa. Perang Dunia II ekonomi Italia dibuat sangat merosot. Juga memaksa Piaggio.Bahkan pabrik pesawat yang ada di Pontedera dan Pisa dibom oleh pasukan sekutu.Meskipun pabrik ini hancur dibom, perusahaan tidak berhenti pada waktu. Enrico Piaggio anak Rinaldo Piaggio yang akhirnya melanjutkan jalannya perusahaan. Enrico Piaggio memutuskan untuk menghentikan produksi pesawat dan beralih menghasilkan peralatan transportasi yang dibutuhkan oleh orang-orang di Italia dengan harga terjangkau.
Enrico Piaggio telah mempekerjakan pembuat pesawat, ahli insinyur CorradinoD’Ascanio untuk membuat desain dari kendaraan bermotor. Sampai akhirnya menciptakan sebuah prototipe Vespa bernama MP5 atau lebih dikenal oleh orang-orang Italia sebagai Paperino (Donald Duck) karena bentuknya seperti bebek. Namun, vespa model MP% tidak disukai EnricoPiaggio sehingga meminta Corradino D’Ascano untukmengubah desain model vespa MP5.
Corradino D’Ascanio  tidak suka desain model General Motors karena membuat pakaian kotor saat mengemudi terutama celana yang terkena rantai motor. Oleh karena itu, ia membuat modifikasi desain motor kendaraan yang nyaman dan tidak membuat kotor. Akhirnya, dia membuat motor tanpa rantai dan memiliki penutup pelindung di bagian depan motor.
Selain itu, ia juga menempatkan perpindahan gigi dibagian stang (stang) dan membuat roda depan mirip pesawat dengan satu garpu tunggal yang mudah diganti. Desain model vespa bernama MP6 dan CorradinoD’Ascanio dengan menyebutnya Vespa (dalam Italia berarti lebah). Ini adalah modeldesain yang akhirnya menjadi model vespa berikutnya.

Di tahun 1945,  dengan awal sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur. Maka muncullah pertama kali produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik. Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia.
Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu.
Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India bahkan sangat laris bukan hanya di pasar domestik.Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.
Pada saat itu banyak negara lain menjadi pesaing dengan membuat produk serupa, di antaranya adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia dan Sampai saat ini juga sudah puluhan varian Vespa yang ada di Indonesia sampai - sampai Indonesia disebut-sebut sebagai surganya Vespa.

 Berbagai Jenis Vespa dari tahun ke tahun yang pernah ada adalah sebagai berikut :
  •  Mp5(moto piagio 5) paperino
  • Mp6 prototipe
  •  Vespa 98 Seri pertama 1946
  •  VESPA 98 SERI KEDUA 1946
  •  VESPA 98  SERI KETIGA 194
  • VESPA 98 SERI KEEMPAT 1947
  • Vespa 125 Bacchetta (V1T – V14T) 1948-1949
  • Vespa 125 Bacchetta (V15T) 1950
  • Vespa 125 V30T – V33T (1951-1952)
  •  Vespa 125 VM1T – VM2T (1953-1954)
  • Vespa 125 VN1T (1955)
  • Vespa Struzzo 150 VL1T (1955)


VESPA JERMAN
  • Vespa Hoffmann
  • Vespa Messerschmitt
  • Vespa GmbH Augsburg

VESPA PRANCIS
  • Vespa 50 dengan Pedal
  • Vespa ACMA
  • Vespa 150 TAP


VESPA INGGRIS
  • Model Rod 1951-1955
  • Model G 1953-1954
  • GL2 1954-55
  • 42L2 1955-1956
  • 92L2 1956-1959.
  • 102L2 1957
  • 152L2 1959-1960
  • Sportique 1961-1965
  • 232L2 1962


VESPA AMERIKA
  • Vespa 100 Sport
  • Vespa 50
  • Vespa Allstate
  • Vespa Sear



Sejarah Masuknya Vespa ke Indonesia

Apakah Anda tahu Vespa di Indonesia sejak tahun 1960-an. Dulu  hanya PT Danmotors Indonesia Vespa sebagai importir Vespa. Dapat dikatakan bahwa harga Vespa waktu itu setara dengan harga sebuah rumah  tipe sederhana. Sejak itu Vespa menjadi kendaraan yang paling populer dari kendaraan bermotor oleh masyarakat. Namun, masukknya motor produksi Jepang seperti Honda akhirnya membuat Vespa terpinggirkan.
Salah satu Vespa paling langka di Indonesia yaitu Kongo Vespa Vespa adalah hadiah dari pasukan Inggris untuk pasukan perdamaian Garuda INDONESIA yang bertugas di Kongo. Perbedaan di Kongo ini dengan Vespa Vespa adalah pelat baja lebih kuat. Halini tidak buatan Italy Kongo Vespa tapi buatan Jerman.
Pada awal penciptaan Vespa memiliki kapasitas mesin 98 cc dan kecepatan hanyasekitar 65-75 km/h. Seiring waktu, terus berkembang hingga Vespa 1955 dihasilkanVespa pertama berkapasitas 150 cc mesin dan memiliki kecepatan untuk 100/km adalah Vespa 150 GS.
Model Vespa tidak berubah banyak sejak ia diciptakan pertama, hanya pada tata lampunya adalah satu-satunya yang berubah yang awalnya terletak di spakbor rodadepan menjadi di stang Vespa. Vespa model yang merupakan pilihan paling populer adalah Vespa Sprint, Vespa PX dan VEspa Primavera. Pada tahun 1984, Piaggio Vespaproduk dikeluarkan Matic pertama (transmisi otomatis) yang disebut Vespa PK 50S otomatis.
Vespa 4 tak yang pertama dibuat adalah Vespa ET 125cc di 1996 bertepatan dengan ulang tahun Vespa ke-50. Memasuki Milenium, Piaggio Vespa produk yang memenuhi standar emisi 0545848Vespa ET, Vespa GT, GTS, Vespa Vespa PX 125, Vespa LX 150, Vespa Sprint 125 danVespa Primavera.




Daftar Pustaka




Tidak ada komentar:

Posting Komentar